Subscribe:

Labels

Sabtu, 15 September 2012

Indonesia vs Vietnam Gagal Cetak Gol, Pertandingan Berakhir Kaca Mata

Timnas Indonesia. (Foto: Heru Haryono/ Okezone)
Timnas Indonesia. (Foto: Heru Haryono/ Okezone)
SURABAYA - Meskipun kedua tim memiliki beberapa peluang yang nyaris berbuah gol, pertandingan Indonesia melawan Vietnam harus berakhir imbang 0-0. Padahal, laga bertajuk uji coba itu menyuguhkan permainan cepat dari kedua tim.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (15/9/2012) sore WIB itu, baik Indonesia maupun Vietnam sama-sama tampil menyerang dan menghasilkan beberapa peluang emas. Namun tumpulnya lini depan membuat gawang masing-masing kubu tetap aman.

Babak I
Begitu peluit kick-off dibunyikan, Vietnam mencoba melepaskan serangan-serangannya dengan rapi, namun tidak ada yang sampai membahayakan gawang Indonesia. Sementara tuan rumah masih mempelajari permainan yang ditampilkan Vietnam.

Setelah lima menit pertandingan berjalan, justru Indonesia yang bermain taktis dan cepat, serta membahayakan gawang Vietnam. Berawal dari pergerakan Samsul Arief di sisi kanan pertahanan Vietnam, bola kemudian bisa dihalau bek Vietnam. Sempat mengenai mistar, kemudian bola disambar Vendry Mofu. Namun, lagi-lagi ada bek Vietnam yang menghalau.

Memasuki menit ke-30, Vietnam nyaris unggul melalui tendangan bebas melalui kaki Vu Phong. Namun, bola melenceng tipis dari gawang Indonesia yang dikawal Endra Prasetya. Gawang Indonesia pun aman, dan kedudukan tetap 0-0.

Dua menit berselang, giliran Indonesia mendapat peluang emas. Berawal dari tendangan jarak jauh yang dilepaskan dari luar kotak penalti Vietnam, bola kemudian bisa diblok oleh Thuan. Namun, Vendry Mofu yang sebenarnya sudah siap menyambut bola rebound gagal menuntaskannya dengan sempurna. Gawang Vietnam pun tetap aman.

Dua menit jelang babak pertama usai, Indonesia mendapat peluang. Ellie Aiboy melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan Vietnam, yang kemudian disundul oleh Samsul Arief. Namun, bola hasil sundulan Arief masih melebar. Dan, itu pun menjadi peluang terakhir di Indonesia di babak pertama. Skor pun tak berubah, 0-0.

Babak II
Pada menit-menit awal babak kedua, Vietnam memiliki peluang melalui Viet Thang. Mendapat umpan terobosan di sisi kiri pertahanan Indonesia, ia kemudian melepaskan tembakan ke gawang. Namun, posisi menendang yang tidak pas membuat arah bola melenceng.

Memasuki menit ke-52, giliran Indonesia mendapat kesempatan. Berawal dari umpan yang dilepaskan Ellie ke daerah kotak penalti Vietnam, Arief kemudian mengontrol bola sebelum akhirnya melepaskan tembakan. Sayang, akurasi tendangan Arief masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-60, Vietnam nyaris membobol gawang Indonesia. Berawal dari umpan terobosan ke dalam kotak penalti, Pham Thanh kemudian menyambutnya dengan putaran badan yang mengecoh bek Indonesia. Namun, tendangan Pham Thanh masih melebar tipis di gawang Endra. Skor tidak berubah, 0-0.

Selanjutnya, kendali permainan di pegang oleh Indonesia, meskipun Vietnam juga beberapa kali melancarkan serangan yang membahayakan. Dan, para penggawa Indonesia pun akhirnya mencoba peruntungan lewat tendangan-tendangan jarak jauh. Namun, minimnya akurasi menjadi permasalahan Indonesia.

Pada menit ke-85, peluang emas di dapat Vietnam. Dengan kecepatannya, Fung berlari sambil menerima umpan terobosan hingga kotak penalti Indonesia. Namun, bola hasil tendangannya masih melenceng dari gawang Endra. Dan, Hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir, gol yang dinanti tak kunjung datang. Laga berakhir 0-0.  

Susunan pemain:
Indonesia: Endra, Wahyu W, Hamdi R, Mofu (Jajang 67'), Okto (M.Nur 83’), Ardiles, Novan, Samsul Arief (Bonai 67’), Bachdim, Taufiq, Ellie Aiboy (Bayauw 57’)

Vietnam: Thuan, Cao Sy, Vu Phong (Van 59’), Minh Duc, Li Tan, Van Phong, Viet Thang (Quang 72’), Pham Thanh (Fung 74’), Pham Nguyen Sa, Truong Dinh (Van Bin 62’)
(fit)

0 komentar:

Posting Komentar